Seperti Apakah Kondisi Comiket 96 di Hari Pertama Kemarin?

Dengan jumlah pengunjung berkisar 160.000 orang, Comiket tetap mengundang banyak pecinta dunia hiburan animasi, komik dan game Jepang dari seluruh Jepang hingga dunia.

Seperti Apakah Kondisi Comiket 96 di Hari Pertama Kemarin?

Musim panas telah tiba, begitu juga dengan Comiket tahun ini!

Tahun 2019 ini Comic Market (Comiket) diadakan di Jepang selama empat hari di venue Tokyo Big Sight, Odaiba. Hari kemarin, tanggal 9 Agustus, telah meraup jumlah pengunjung yang menghadiri event tersebut sebanyak 160.000 orang, seperti yang diberitakan Mainichi Shimbun lewat portal Mantan Web.

Panas terik tetap semangat mengantri...

Angka pengunjung ini terlihat kurang lebih sama dengan jumlah otaku yang mendatangi Comiket ini kepada dua periode sebelumnya, yaitu ketika Comiket 92 dan 94 berlangsung bulan Agustus pula. Namun, Comiket 84 pada tahun 2013 silam masih memegang rekor pengunjung pada hari pertama yaitu 210.000 orang.

Seperti biasa, selain pasar pagi untuk komik produksi independen juga disediakan lapangan terbuka depan venue untuk cosplayer memberanikan diri untuk mengekspresikan masing-masing karakter favorit mereka dari berbagai franchise anime, manga dan game.

Ambil contoh dalam hari pertama saja ada cosplayer Ougun Kishi Garo dari franchise Garo:

Marie Rose dari Dead or Alive 5, dicosplay-kan oleh cosplayer asal Tiongkok, Liyuu:

Dan ada Totoro dari My Neighbor Totoro. Tetap semangat meskipun cuaca sangat panas...

Kemudian ada beberapa cosplayer yang melawan arus, umpamanya adalah cosplayer Ashitaka dari film Princess Mononoke...diatas mobil amfibi.

Kool Fever:

Satu lagi ada yang bercosplay...Kamu pasti tahu dari mana franchise ini.

Uniknya dalam hari pertama ini, ada beberapa sukarelawan cosplayer yang bersiap siaga menunggu di depan stasiun kereta yang menjadi tempat keluar para pengunjung di waktu fajar.  Tugas mereka sederhana: mengingatkan agar tidak lari keluar stasiun dan tidak terburu-buru. Maklum, ritual seperti ini memang sudah menjadi budaya mengunjungi Comiket yang mungkin agar tidak kelewatan membeli komik favoritnya sebelum kehabisan.

Contohnya seperti sukarelawan cosplayer matador yang satu ini.

"Ada matador di tengah jalan buat melambatkan pelarian perdana Comiket."

Comiket 96 ini adalah Comiket pertama dalam kalendar baru Jepang, Reiwa, setelah kaisar Naruhito naik tahta sejak Mei lalu. Diadakan pada 9-12 Agustus ini, berbeda dengan pameran Comiket sebelumnya, Comiket 96 menerapkan sistem ticketing yang dijual terpisah per harinya. Setiap pengunjung yang ingin datang ke Comiket harus membeli tiket berbentuk gelang seharga 500 yen (sekitar Rp. 66.500) untuk satu hari. Warna tiket pun akan berbeda nantinya pada hari-hari Comiket berlangsung dalam seminggu ini. Venue acara pun akan diadakan dalam dua tempat, yaitu tempat lama, Tokyo Big Sight, untuk tanggal 9-11, dan 12 Agustus untuk ekshibisi perusahaan studio anime Jepang di gedung Aomi Exhibition Hall, yang tidak jauh dari lokasi asli Comiket.

Untuk Comiket yang ke-97 akan diadakan pada tanggal 28-31 Desember akhir tahun ini, tepat sebelum malam pergantian tahun. Pasca Jepang terpilih menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas tahun 2020, Comiket pada tahun tersebut dipindahkan pada 2-5 Mei, 2020. Periode tersebut bertepatan dengan minggu liburan Jepang yang akrab dikenal sebagai “Golden Week”. Hal ini berkaitan dengan venue Tokyo Big Sight akan digunakan untuk media center Olimpiade yang diadakan pada 24 Juli hingga 9 Agustus tahun depan.

Sumber: Comiket Official Twitter, Mantan Web via Anime News Network

0 Comments
Loading...