OtaCOOL 102: Tips Agar Diterima di Lingkungan Kerja ‘Riajuu’!

Baru pertama kali masuk di dunia kerja yang kurang familiar? Yuk, simak tips agar diterima di dunia kerja ‘Riajuu’, agar menjadi #wibukeren!

OtaCOOL 102: Tips Agar Diterima di Lingkungan Kerja ‘Riajuu’!

Saat ini, banyak sobat-sobat yang telah wisuda, dan lulus dari sekolah / kejuruan. Selamat ya sobat Otaku! EEEEITS, jangan senang-senang dahulu. Kalau mau lanjut di dunia pekerjaan, pasti harus melalui halauan dan rintangan ketika di interview. Sesuai judulnya, berikut merupakan tips agar lolos dari interview!

1. Kenali perusahaan anda

Improvise, Adapt, Overcome

Tentunya kamu pasti sudah menemukan pekerjaan yang sesuai dengan wibu-tachi disini. Tetapi, kenali dulu perusahaan yang kamu hendak datangi! Mulai dari asal-muasal, tujuan, output yang mereka inginkan kepada klien.

Jika diberlakukan tes, maka belajarlah sesuai dengan kapasitas yang mereka inginkan seperti psikotest, tes pengetahuan dasar, dan sebagainya.

2. Pakai pakaian yang rapi dan menarik

riaju sehari, yes!

“Tapi, waktu di interview boleh kok pakai Tees

Eh jangan salah sob…. Justru interviewer / rekan HRD akan menilai dari penampilan kamu. Bedasarkan kutipan pada umumnya yaitu

Impresi pertama seseorang akan dilihat melalui penampilan”.

Maka, interviewer akan memiliki kesan terbaik dari dirimu. Jadi, sebelum berangkat interview, jangan lupa gunakan pakaian formal yang kece.

Kalau diberlakukan dresscode, siapkan dresscode yang diminta sesuai oleh pekerjaan yang dituju.

3. Promosikan diri anda semenarik mungkin

"You know I had to do it to em"
“PEDE AJA LAGIIIiiii~~”

Iya, betul! Sebutkan kekuatan dan kemampuan kamu kepada interviewer. Sebagai narasumber, mungkin sedikit tidak relevan. Tetapi tujuan dari mempromosikan diri itu tidak lain untuk interviewer lebih percaya dan tahu tentang diri kamu lebih dalam lagi :D

BONUS

1. Latihanlah berbicara atau belajar dengan temanmu

Oh, anda datang karena sudah siap, wahai calon budak korporat?

Carilah teman bicara dan teman belajar yang sudah berpengalaman kerja sebagai teman latihan interview kamu. Karena kamu akan mendapatkan masukan dan saran dari yang sudah berpengalaman.

Mungkin juga, kamu akan mendapatkan sedikit ‘wangsit’ sebelum hari interview.

2. Datanglah 1 jam sebelum interview

aw, sh*t

Kenapa? Karena tidak hanya memenuhi kriteria 1 jam sebelum di interview, interviewer / Rekan HRD akan memberikan kamu nilai plus karena kamu telah mendedikasikan waktumu untuk datang ke tempat yang interviewer arahkan.

3. Lengkapi data-data yang dibutuhkan serapi, seringkas dan semenarik mungkin.

data-datamu penting, lho!

Inilah hal yang sangat krusial, yaitu melengkapi dan membuat Curriculum Vitae (CV) maupun portfoliokamu rapi, ringkas, dan menarik. Tujuannya agar interviewer / Rekan HRD mengerti kemampuanmu dan dedikasimu terhadap bidang yang dituju.

Jika kamu ada kesulitan, kamu bisa minta rendang-san untuk mereview CV dan Portomu GRATIS!! (Pssst!! Rendang-san juga buka komisi desain dan ilustrasi, lho!) Cukup say 'hello rendang-san' untuk bala bantuan.


Demikian beberapa tahap agar lolos sebagai pekerja. Wibu di internet, Riajuu di dunia nyata. Yuk, maju lagi agar bisa menjadi #wibukeren yang lebih QwReNdH lagi.

Semoga bermanfaat dan sukses sebagai pekerja!

0 Comments
Loading...