Sekitar 170.000 Orang Datangi Comic Market Hari Kedua, Benarkah?

Kenaikan stabil dari dua Comiket sebelumnya pada musim panas berturut-turut, angka ini akan terus bertambah pada hari ketiga nanti.

Sekitar 170.000 Orang Datangi Comic Market Hari Kedua, Benarkah?

Dilansir dari portal berita online milik Mainichi Shimbun, MANTAN WEB, melaporkan keseluruhan jumlah pengunjung Comic Market (Comiket) 96 di Tokyo, Jepang, hari Sabtu 10 Agustus 2019, sebanyak 170.000 orang.

Dilaporkan pula oleh MANTAN WEB angka ini merupakan kenaikan daripada Comiket tahun sebelumnya, yaitu Comiket 94 pada musim panas 2018, yang mendapatkan 160.000 pengunjung, dan peningkatan stabil dari Comiket 92 yang hanya mengumpulkan sekitar 150.000 orang.

Comiket 96 ini adalah Comiket pertama dalam kalendar baru Jepang, Reiwa. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Comiket pada tahun ini, Comiket 96 menerapkan sistem ticketing yang dijual terpisah per harinya. Setiap pengunjung yang ingin datang harus membeli tiket berbentuk gelang seharga 500 yen (sekitar Rp. 66.500) untuk satu hari. Selama empat hari ini dua venue di sekitar Odaiba terpakai untuk acara besar Comiket 96 ini, yaitu Tokyo Big Sight untuk tanggal 9-11, dan 12 Agustus untuk ekshibisi perusahaan studio dan distributor anime Jepang di gedung Aomi Exhibition Hall, yang tidak jauh dari Tokyo Big Sight.

Pada hari kedua Comiket ini kebanyakan lingkaran karya komik independent menjual karya mereka yang bertemakan drama dan romansa persahabatan sebagai parodi dari berbagai franchise. Ada pula yang menjual merchandise lainnya dalam bentuk compact disc, seperti kebanyakan lingkaran karya dari franchise Touhou Project, salah satu franchise veteran terpopuler sepanjang sejarah Comiket.

Di lapangan terbuka depan Tokyo Big Sight pun disediakan cosplayer area untuk para cosplayer dan fotografer berekreasi diri. Tidak sedikit dari mereka yang berpartisipasi dari siang hingga sore, bahkan ada beberapa yang datang dari mancanegara ikutan acara tersebut.

Di antara khalayak ramai cosplayer, ada dua yang datang dari negara Tirai Bambu. Salah satunya adalah Sherry sebagai Dark Magician Girl dari serial TCG Yu-Gi-Oh:

Dan SeeU sebagai Hatsune Miku:

Tidak ketinggalan ada cosplayer lokal yang tidak kalah populernya, salah satunya adalah Kurasaka Kururu, berperan menjadi Yuna dari Final Fantasi X-2:

Seperti biasa, ada beberapa cosplayer non-mainstream yang muncul di hari kedua Comiket. Seperti empat otaku ini sebagai karakter-karakter iklan kampanye anti pembajakan film di Jepang:

Kemudian ada dua cosplayer wanita menjadi....bubble tea?

Sumber: MANTAN WEB via Anime News Network

0 Comments
Loading...