Netizen Kecam Pelecehan Terhadap Cosplayer Tiongkok di Comiket 96

Cosplayer Tiongkok menjadi korban pelecehan seksual dalam Comiket tahun ini. Bagaimana kronologinya?

Netizen Kecam Pelecehan Terhadap Cosplayer Tiongkok di Comiket 96

Ketika kamu sedang menikmati suasana ramainya event pop kultur, tak jarang ada beberapa cosplayer yang sangat menghayati karakter favoritnya sampai-sampai detil kostum dan pakaiannya dibuat sangat mirip dan terlihat minim.

Tapi, bagaimanakah reaksimu jika ada cosplayer yang dikerubungi para fotografer tidak sopan mencoba memfoto cosplayer secara mesum? Tentunya, insiden yang dialami cosplayer cheongsam ini terjadi ketika Comiket ke-96 berlangsung.

1. Ada apa sebenernya, sih?

Mengutip dari penemuan SoraNews24, seorang pengguna Twitter yang kebetulan berada di lokasi Comiket merekam video amatir dimana seorang cosplayer wanita berkostum cheongsam dikelilingi banyak fotografer otaku, biasanya dijuluki kameko, Saking banyaknya membuat cosplayer itu agak cemas dan sangat tidak nyaman sehingga membuat cosplayer itu menangis. Walaupun staf Comiket berusaha untuk membubarkan massa kameko tersebut, dua orang bersikeras untuk mengambil foto dari bawah seolah-olah ingin mendapat tampak bawah dari cosplayer tersebut.

Insiden ini terjadi antara satu cosplayer wanita dengan puluhan fotografer di Comiket 96.

Berbagai tanggapan tidak mengenakan dilontarkan kepada netizen Jepang yang mengetahui peristiwa naas ini:

Mereka ga malu, ya? Udah sejauh ini berjalan biar bisa terlepas dari foto-foto tidak senonoh yang diambil para kameko?
Makanya orang-orang pada nganggep kalau ‘otaku itu mengerikan’.
Apa ini gak dianggap kayak pornoaksi buat ngambil foto rok tersingkap tanpa izin empunya? Mereka apa gak ditangkap, ya?
Kok Comiket bisa seburuk begini, toh? Terakhir gw kesana 10 tahun lalu dan gw inget betul hamper semua pengunjungnya bersikap baik dan sopan-sopan yang datang.”

Diketahui korban adalah mahasiswi dari Tiongkok yang sedang belajar di Jepang.

Kejadian tersebut terekam pada hari ketiga Comiket 96, yang menghasilkan 200.000 pengunjung. Hingga artikel ini dibuat, cuitan viral tersebut mendapat retweet sebanyak 27078 buah dan 36510 user memberikan like pada video tersebut.

2. TheAnimeMan berang!

Dua hari pasca insiden tersebut, TheAnimeMan, salah satu pemerhati pop kultur Jepang dan penikmat anime terkenal di YouTube, memberikan opininya:

Waduh.
“Akhir pekan ini ada cosplayer dari Tiongkok yang teraniaya dengan bejibun banyaknya fotografer yang dengan napsunya mengambil foto cosplayer dari tampak bawah dan hal-hal lainnya yang tidak senonoh. Padahal sudah dinasehati staf buat dihentikan tapi mereka masih keras kepala.
Menjijikan.
Mestinya kameko yang lain harus belajar beradab dan sopan santun dalam event pas mau ngefoto ato ngobrol sama cosplayer. Jika mereka merasa tak nyaman, jangan paksain diri dan enyahlah. Mereka bukanlah berniat untuk kalian jadikan bahan mesum pribadi, kan?”

Hampir 3000 retweet dan 13500 likes selaras dengan opini TheAnimeMan, mengakibatkan insiden ini telah diketahui netizen penikmat pop kultur Jepang lainnya.

3. Apa tanggapan netizen?

Laman berita SoraNews24 mendapat tiga komentar mengenai peristiwa tersebut.

Kolom komentar dari situs SoraNews24.
"'Jangan ambil gambar dari bawah, plis!'
>ngepost gambar rok tersingkap"

"Terlihat mengerikan."

"Binatang, emang."

Lain ranah media, lain komentar dan begitu pula dengan audiens pembacanya. Netizen pengikut laman Facebook SoraNews24 menanggapi insiden ini sesuai pengertian masing-masing.

Kolom komentar dari postingan serupa di fanpage Facebook SoraNews24.
"Gw ngeri banyak dari kalian menganggap kelakuan kameko adalah hal wajar karena cosplayer lainnya menganjurkannya. Dia mau ngapain aja suka-suka dia karena memang tubuh dan gambar-gambarnya adalah hak dia. Yang dia pilih untuk bercosplay pun juga pilihannya sendiri, namun memaksakan dia untuk perlihatkan pakaian dalam itu adalah tindakan pelecehan. Menjijikan."
"Fotografer disana sudah ketahuan tampang mereka setelah difoto. Bisa dikenali terus kasih ban dari banyak event. Terus permalukan mereka di depan umum."
"Dia merasa gak apa-apa untuk beberapa foto tersebut, dan asalkan sudah dikasih izin yang jelas ya gak apa buat ambil foto mereka. Namun kalo ia mengatakan timeout, ya sudah."
"Tapi fotonya yang dia upload bukannya foto dengan rok tersingkap, ya? Masa, sih? Iya, memang orang-orang mesum kayak itu harusnya menghormati ruang pribadi cosplayer, tapi engga bisa kalian ngeluh dengan foto tersingkapnya kalau kalian ngeposting fotonya sendiri."
"Menyedihkan. Para fotografer itu tidak sanggup menahan keindahan yang tak terduga. Tentu saja, tidak memberikan apapun untuk dilihat adalah pembelaan diri yang terbaik. Serius, deh. Cosplayer lainnya juga menduga ini akan terjadi dan siap mental dengan kejadian begini. Segelintir dari mereka pun menyarankan hal ini juga, tapi tidak semua kali ini. Dame dame! (Gak boleh!)"

4. Korban mendapat support baik!

Tapi akhirnya cosplayer korban mendapat dukungan tidak terduga dari berbagai pihak, tentunya dari cosplayer dalam negeri. Contohnya adalah cuitan dari cosplayer negi ini:

"Menyedihkan sekali, sekaligus mengerikan. Aku sangat malu sekali sebagai bangsa Jepang. Turut berbela sungkawa. Orang-orang berkumpul itu bukanlah manusia."

Kepada negi, korban pun berterima kasih atas dukungannya dalam balasan cuitannya.

Dukungan lain pun berupa pelukan dari tweet balasan dari penggemar TheAnimeMan:

"Aku ingin memeluknya dan menolongnya biar jauh-jauh dari orang-orang memalukan itu."

Dengan adanya peristiwa kelam tersebut, adalah pelajaran bagi kita otaku penikmat pop kultur Jepang agar tetap beradab dalam event dan selalu bersikap sopan jika ketemu dengan cosplayer, tidak peduli apapun kostumnya. Semoga kita bisa bersikap lebih baik ketika ketemu orang-orang seminat, ya!

Sumber: SoraNews24, Twitter resmi TheAnimeMan [NSFW]
Header by @hatamo73

0 Comments
Loading...