Kebanyakan penggemar anime dan manga di Indonesia, mungkin salah satunya adalah kamu, pasti pernah mendengar nama acara Anime Festival Asia. Ya, acara konvensi anime yang rutin diadakan setiap tahunnya ini telah memasuki Indonesia sejak 2012 ini telah memasuki tahun yang ketujuh dengan tajuk nama C3AFA Jakarta 2018. Tim Indonesian Otaku berkesempatan mengunjungi acara ini selama tiga hari penuh.

Mau tahu seperti apa saja keseruan yang ada pada acara AFA kali ini? Mari simak liputan ringkas persembahan dari kami di tulisan ini.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan di JIExpo Kemayoran dan Jakarta Convention Center, acara AFA di Indonesia pada tahun ini diadakan di ICE (Indonesian Convention Exhibition) yang berlokasi di BSD City, Tangerang. Mengingat lokasinya yang lebih jauh dari Jakarta, kamu bisa menjangkau lokasi acara dengan menaiki KRL Commuter Line atau taksi konvensional/daring dengan melewati Tol Jakarta-Serpong. Bahkan kamu juga bisa menaiki shuttle bus yang disediakan oleh pihak penyelenggara acara dengan mengeluarkan biaya sebesar 25 ribu rupiah saja.

Setelah sampai ke Hall 6-7 di ICE, kamu dapat mengantre untuk membeli tiket atau menunggu masuk sampai pintu masuk dibuka. Untuk harga tiketnya, paling murah kamu bisa membeli tiket masuk sebagai pengunjung biasa dengan harga 100 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk dapat melihat konser dan panggung, kamu bisa membayar mulai dari sekitar 600 ribu sampai satu juta rupiah.

Pada tahun ini, AFA menampilkan serangkaian lini produk Jejepangan yang ‘wah’ yang tentunya kamu merasa familiar, seperti Pop Team Epic, Kizuna Ai, dan SAO Alternative. Penempatan di antara booth-booth lini produk Jejepangan ini dibuat sedekat mungkin agar pengunjung dapat lebih puas menikmati keseruan acara dengan berfoto menggunakan properti booth yang disediakan. Kamu bahkan bisa mendapatkan bando Kizuna Ai — yang mana menjadi ciri khas virtual Youtuber asal Jepang ini — secara gratis dengan mengikuti permainan undian pada boothnya.

Buat kamu yang gemar membeli pernik, tersedia berbagai booth yang menjual pernik resmi dan buatan penggemar. Booth-booth ini tersebar ke seluruh area acara, baik pernik resmi dari distributor yang bisa kamu temukan di area antara pintu masuk dan konser, maupun pernik buatan penggemar yang bisa kamu temukan di ujung kanan area dekat food court.

Berbeda dari AFA sebelumnya, AFA tahun ini menawarkan segmen permainan dengan nama AFAPlay. Segmen ini terbentuk atas kolaborasi antara AFA dengan GameStart Asia. Di sini kamu bisa menemukan booth gim buatan studio lokal, turnamen gim terkenal, bermain board game, bahkan bisa bernostalgia dengan memainkan konsol gim retro seperti Super NES dan Sega Dreamcast. Tak lupa hadir juga booth Armageddon yang menawarkan beragam promo menarik peripheral gim untuk komputer.

Lazimnya acara yang diadakan tiga hari dan dimulai pada Jumat, bisa dibilang acara AFA di hari pertama tidak terlalu padat dengan pengunjung. Mengingat kebanyakan pengunjung acara ini berusia muda, yaitu di antara 10 sampai 25 tahun, dan masih memiliki rutinitas yang tidak bisa ditinggalkan begitu saja, seperti bersekolah, berkuliah, atau bekerja. Namun demikian, sayang bila melewatkan kesempatan mendatangi acara AFA pada hari Jumat, karena ada pertunjukan I Love Anisong dari EGOIST sebagai bintang tamu satu-satunya yang tampil pada penampilan konser tersebut. Konser dimulai pada pukul 20.00 WIB dan bintang tamu membawakan lagu kepada para penonton sebanyak 21 judul.

Acara berlanjut ke hari kedua, Sabtu, dengan kehadiran pengunjung yang lebih ramai dari hari sebelumnya. Pada hari ini, beberapa rangkaian kegiatan acara yang dilihat, di antaranya ada pemutaran anime Release the Spyce yang turut menghadirkan salah satu seiyuunya, Yukari Anzai. Kemudian ada penampilan panggung salah satu virtual YouTuber Jepang kondang, Kizuna Ai, disusul oleh penampilan musik dari Eri Sasaki, pemutaran anime Lost Song yang diiringi dengan kehadiran Konomi Suzuki sebagai seiyuu anime tersebut dan JUNPEI selaku produser anime Lost Song.

Sementara itu, pada Akiba Stage, tak kalah ramai dengan menghadirkan beberapa bintang tamu cosplayer, girlband lokal, dan juga bintang tamu dari GAMESTART Panel.

Acara hari kedua ditutup dengan penampilan konser I Love Anisong yang dibawakan oleh Ami Wajima, BAND-MAID, Konomi Suzuki, Mashiro Ayano, Megumi Nakajima, dan TRUE.

Masih belum berhenti sampai di situ, acara AFA berlangsung sampai pada hari ketiga, Minggu, hadir dengan serangkaian penampilan acara yang tak kalah menarik dibandingkan dua hari sebelumnya.

Pada panggung utama, tampil screening khusus yaitu Gundam Build Divers, K Seven Stories episode 2, JOJO’s Bizarre Adventure Golden Wind, dan Bungo Stray Dogs: Dead Apple. Kemudian disusul penampilan bintang tamu yaitu Jun Kasama yang merupakan seiyuu dari Kyouya Kujou, Ayasa, Sora Tokui, dan JKT48.

Pada Akiba Stage, hadir bintang tamu seperti Eri Sasaki, Richard Suwono, cosplayer Jesuke, dan Hi-touch with Star Cosplayer. Lalu diikuti dengan penampilan virtual youtuber dari Siro the Vtuber dan Maya Putri. Terdapat pula kompetisi single cosplay dan art duel dalam sesi acara Akiba Stage ini. Tidak ada acara konser pada hari Minggu. Namun demikian, acara AFA ditutup dengan beberapa penampilan musik di Akiba Stage dari Nanairo Symphony, Aya Anjani, YOCHI, Mindy, Otagroove dan Lotus Juice.

Sudah menjadi bukan rumor lagi bahwa AFA di Indonesia tahun ini menjadi AFA yang terakhir. Pengalaman AFA di Indonesia yang terakhir ini terasa menancap sekali di sanubari hati para penggemar budaya kultur pop Jejepangan, terutama dari kami Indonesian Otaku, mengingat ini merupakan pengalaman tak terlupakan karena kami bisa menjadi salah satu rekan media yang bekerja sama dalam memberikan liputan dan info terkait AFA. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa kemungkinan acara bertema serupa AFA yang diusung oleh pihak penyelenggara masih tetap ada, walau dalam skala yang lebih kecil dari acara AFA sebelumnya.

Semoga di lain waktu kami masih dapat diberi kesempatan dan peluang untuk mengunjungi dan meliput acara-acara yang diselenggarakan oleh pihak penyelenggara acara AFA.

Iklan

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.