Comic Frontier 11 baru saja diadakan pada 18-19 Agustus 2018 lalu dan kali ini kami mencoba mengulas acara tersebut secara ringkas dalam postingan ini. Yuk disimak apa-apa saja yang bisa kamu temukan dalam Comic Frontier 11 lalu!

Sebelumnya telah diberitahukan secara langsung dan resmi pada beberapa hari sebelum Comic Frontier 11 dimulai, bahwa acara ini akan mengusung suasana bertemakan olahraga karena waktunya berdekatan dengan Asian Games 2018. Kita bisa lihat bahwa poster acara Comic Frontier 11 yang dibuat oleh ilustrator Sen-Jou ini membawakan tema olahraga, dengan menampilkan tokoh utama menggunakan seragam sepeda dan membawa sepedanya juga dan berlatar belakang pinggir jalan.

Comic-Frontier-11-Illustration-by-Sen-Jou
Foto: Dok. Comic Frontier

Menghadapi masalah kesulitan bepergian dari lokasi penginapan menuju tempat acara Comic Frontier 11 untuk menghindari kebijakan jalur ganjil-genap di jalan dan mungkin juga untuk menghindari kemacetan, maka pihak panitia sudah mengantisipasi hal tersebut dengan membuat panduan lalu lintas dan transportasi umum menuju Comic Frontier 11 yang bisa kamu lihat di sini. Namun tak disangka rupanya kebijakan jalur ganjil-genap membuat kondisi jalanan di Jakarta terasa jauh lebih sepi dan mudah digapai, baik pada pagi dan malam hari, sehingga akses transportasi menuju Comic Frontier 11 menjadi lebih mudah. Belum lagi ditambah dengan adanya pengumuman bahwa biaya pemakaian Transjakarta selama pembukaan Asian Games pada 18-19 Agustus 2018 lalu ditiadakan, sehingga membuat para pengujung yang ingin datang ke Comic Frontier 11 menjadi lebih hemat untuk dapat pergi ke tempat acara.

Oh ya, ngomong-ngomong warna yang diusung pada acara Comic Frontier 11 beserta unsur-unsur lainnya kali ini memakai warna Bondi Blue (#08ADAF, RGB: 8, 173, 175). Namun, siapa mengira bahwa di balik pengambilan warnanya, ternyata kebetulan cocok dengan warna baju karakter platelet pada anime Hataraku Saibou? Tim redaksi Indonesian Otaku dapat membuktikannya dengan ada banyak penampakan panitia yang memakai kaos tim panitia dengan warna yang persis dengan warna baju yang dikenakan platelet dari anime Hataraku Saibou.

Masih berlokasi di tempat yang sama dengan dua acara sebelumnya (Comic Frontier 9 dan Comic Frontier 10) yaitu Kartika Expo Center Balai Kartini, pantauan tim redaksi saat berkunjung pada kedua hari terasa ramai baik di hari pertama maupun hari kedua. Terhitung ada sebanyak 438 circle yang meramaikan acara Comic Frontier 11 ini, yang mana mengalami penurunan jumlah circle sebesar 1,57% dari acara Comic Frontier sebelumnya. Seperti biasa, pada pagi hari masih terasa dingin karena jumlah orang dalam ruangan masih sedikit. Namun menjelang siang dan sore hari, suhu ruangan menjadi stabil karena orang-orang di dalam ruangan juga sudah cukup banyak.

39409245_2037201979665913_6389846811623817216_o
Foto: Dok. Comic Frontier

Turut hadir banyak bintang tamu kreatif yang berasal dari karya seniman gambar lokal dan badan usaha lini perkomikan, animasi, dan pernik kreatif lokal pada Comic Frontier 11. Di hari pertama acara panggung dibuka dengan utattemita. Lalu disusul dengan perkenalan Ponimu, Comico Indonesia, Kisai Entertainment, Ciayo Comics, dan Doujin dalam Botol kepada para pengunjung. Selanjutnya ada aksi komika dari beberapa seniman gambar lokal seperti Yozhman, Ghosty’s Comic, Si Timoon. Sesi acara panggung hari pertama ditutup dengan live drawing dari Iwan Nazif dan aksi panggung Risa Comics dan DJ Sunamori.

Untuk hari kedua, masih tetap dibuka dengan pertunjukkan utattemita dan Nanairo Symphony. Dilanjut dengan sesi lanjutan Comico Indonesia, perkenalan volume terbaru Scrambled oleh Rosalina Lintang, perkenalan dari Re:On Comics, Well•Done, Naobun Project, Wibuverse, dan Kat Story. Tak lupa juga ada aksi komika dari Komik Ms Paint dan editorial talkshow dengan Bumi Langit. Pada akhirnya, sesi acara panggung hari kedua ditutup dengan siaran pertandingan Shadowverse Final dan pertunjukan musik dari Lazurite.

Tim redaksi bahwa acara Comic Frontier 11 masih meriah jika dibandingkan dengan sebelumnya. Walau antrian masuk-keluar masih jauh terkendali dan keamanan acara sudah baik, namun sayangnya ada beberapa hal yang dirasa kurang “memeriahkan” acara Comic Frontier 11 ini. Seperti minimnya atribut keolahragaan yang mewarnai tempat acara, ketiadaan community booth, dan petisi dari salah seorang pengunjung yang menginginkan lomba panjat pinang diadakan di Comic Frontier 11 tidak jadi terlaksana. Apa karena situasi dan kondisi tempat acara yang tidak memungkinkan untuk mengadakan acara lomba panjat pinang tersebut? Bisa saja demikian ya.

Demikian laporan liputan dari tim Indonesian Otaku. Kami harap kalian puas membaca laporan dari kami ya! Apabila ada komentar atau pertanyaan, boleh langsung mengisi kolom komentar di bawah ini.

Iklan

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.