Event pasar kreatif terbesar di Indonesia, Comic Frontier kembali hadir menyapa seluruh kreator dan penggemar produk kreatif di Indonesia. Kali ini event Comic Frontier 11 diadakan pada tanggal 18-19 Agustus 2018, bertepatan dengan pembukaan pesta olahraga Asian Games 2018. Menyambut upacara pembukaan Asian Games 2018, rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus pun dilakukan.

Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta Selatan kembali menjadi saksi lahirnya beragam karya kreatif asal kreator berbakat dari Indonesia di ajang Comic Frontier 11. Lalu lintas di sekitar Balai Kartini akan menjadi akses jalan utama pemberlakuan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus untuk pembukaan Asian Games. Sehubungan dengan kondisi lalu lintas tersebut, berikut ini adalah beberapa panduan lalu lintas dan transportasi umum yang perlu diketahui oleh seluruh kreator dan pengunjung yang akan menghadiri Comifuro 11.

2

Dikarenakan adanya pengalihan arus dan pemberlakukan ganjil-genap di ruas jalan utama Jakarta, panitia Comic Frontier 11 sangat menyarankan seluruh pengunjung dan partisipan untuk menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta dan KRL Commuterline. Bagi para pengguna Transjakarta bisa menuju venue acara dengan berhenti di Halte Kuningan Barat/Timur yang dilewati oleh bus Transjakarta koridor 9 (Pluit-Pinang Ranti dan variasinya) serta koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas 2 dan variasinya). Sedangkan untuk pengguna KRL Commuterline bisa turun di stasiun Cawang, Duren Kalibata, atau Palmerah, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi umum lain seperti bus Transjakarta.

3

Khusus untuk pengguna bus Transjakarta, pemerintah provinsi DKI Jakarta menggratiskan bus Transjakarta saat akhir pekan selama penyelenggaraan Asian Games 2018. Ada sebanyak 1.750 bus Transjakarta yang digratiskan oleh pihak pemerintah provinsi DKI Jakarta. Layanan gratis bus Transjakarta ini bisa menjadi alternatif transportasi umum untuk partisipan dan pengunjung yang akan datang ke Comic Frontier 11.

4

Selain transportasi umum, moda layanan transportasi online juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk menuju venue Comic Frontier 11. Namun perlu diingat bahwa dikarenakan adanya pemberlakuan ganjil-genap, bagi pengunjung dan partisipan yang hendak menggunakan layanan taksi online perlu memperhatikan plat nomor taksi online yang dipesan. Gunakanlah taksi online dengan plat nomor ganjil untuk pergi ke Comifuro 11 di hari Minggu (19 Agustus) dan plat nomor genap untuk datang di hari Sabtu (18 Agustus).

5

Untuk partisipan dan pengunjung yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi, pihak panitia kembali mengingatkan partisipan dan pengunjung yang mengendarai mobil pribadi untuk memperhatikan plat nomornya. Bagi yang ingin menuju Balai Kartini dengan melewati jalur alternatif untuk menghindari Ganjil-Genap, bisa melewati ruas jalan Karet menuju kawasan Mega Kuningan. Untuk partisipan dan pengunjung yang hendak melewati ruas jalan Gatot Subroto dari arah Grogol atau Kemanggisan bisa melewati jalur alternatif menuju Tanah Abang ke arah Karet untuk mencapai kawasan Mega Kuningan. Sebaliknya untuk partisipan dan pengunjung yang hendak melewati ruas jalan Gatot Subroto dari arah Cawang dan Pancoran bisa mengambil jalur alternatif dari Tebet menuju Karet untuk menuju kawasan Mega Kuningan.

Alternatif lain bagi para partisipan dan pengunjung yang mengendarai mobil pribadi dan ingin menghindari ruas jalan yang diberlakukan Ganjil-Genap, bisa memarkirkan kendaraannya di Pusat Perbelanjaan atau tempat umum yang ada di sekitar jalan Gatot Subroto seperti Mal Central Park, Plaza Semanggi, Pejaten Village, Senayan City/Plaza Senayan, dan lainnya. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan moda transportasi umum Transjakarta yang digratiskan dari halte terdekat di pusat perbelanjaan tersebut.

6

Kemudian untuk partisipan dan pengunjung yang datang dari luar kota dengan menggunakan moda transportasi Kereta Api bisa turun di stasiun Gambir maupun di stasiun Senen. Jika partisipan dan pengunjung turun di stasiun Gambir atau Senen, bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan Transjakarta dari halte terdekat stasiun. Partisipan dan Pengunjung nantinya diharuskan transit untuk pindah koridor agar bisa mencapai Halte Kuningan Barat/Timur.

Alternatif lain bagi partisipan dan pengunjung yang datang dengan menggunakan Kereta Api tujuan stasiun Senen adalah dengan turun di stasiun Jatinegara. Dari stasiun Jatinegara, partisipan dan pengunjung bisa menggunakan KRL Commuterline menuju stasiun Manggarai. Dari stasiun Manggarai partisipan dan pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menggunakan Transjakarta, atau melanjutkan perjalanan KRL menuju stasiun Cawang untuk menggunakan Transjakarta dari halte Cawang.

7

Bagi para partisipan dan pengunjung yang datang dari luar kota menggunakan kendaraan mobil pribadi ada dua jalur yang bisa ditempuh. Untuk kendaraan mobil pribadi yang datang dari arah Cikampek/Bandung/Cirebon bisa mengambil jalur Tol Purwakarta –Jakarta untuk keluar dari pintu Tol Cawang. Jika mobil yang dikendarai memiliki plat nomor yang sesuai tanggal bisa langsung melewati ruas Jl. Gatot Subroto dan memutar di ruas Semanggi untuk menuju Balai Kartini. Jika hendak menghindari ruas ganjil-genap partisipan dan pengunjung bisa memutar arah dari pintu Tol Cawang menuju Pancoran melalui jalan Kalibata. Setelah tiba di ruas perempatan Pancoran partisipan dan pengunjung bisa mengambil jalur alternatif melalui Tebet untuk menuju kawasan Mega Kuningan.

Ada berbagai jalur alternatif yang bisa ditempuh oleh partisipan dan pengunjung untuk menuju venue Comic Frontier 11. Demi kemudahan akses dan waktu tempuh panitia sangat menyarankan untuk menggunakan mobil dengan plat nomor sesuai tanggal atau menggunakan transportasi umum. Keselamatan dalam perjalanan juga harus diperhatikan agar partisipan dan pengunjung bisa sampai dengan selamat untuk menjadi saksi lahirnya berbagai karya kreatif dari komik, game, dan animasi dari para kreator lokal di Comic Frontier 11.

Sekilas tentang Comic Frontier

Comic Frontier merupakan acara ekshibisi kreatif yang telah rutin diselenggarakan setiap tahun. Acara ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat pertama kali diselenggarakan Comic Frontier hanya menampung 35 lingkar kreatif untuk bergabung. Seiring berjalannya waktu dan pertumbuhan industri kreatif di Indonesia, Comic Frontier telah menjadi sebuah gerakan kreatif yang mampu menghimpun ratusan kreator dalam satu event.

Acara ini diselenggarakan dengan harapan agar Comic Frontier bisa menjadi sebuah event yang memberikan ruang baru kebebasan berekspresi dalam industri kreatif tanpa adanya batasan stigma dari masyarakat. Event ini juga diharapkan mampu menjadi penggerak industri kreatif Indonesia dengan menghimpun berbagai kalangan mulai dari kreator independen, komunitas, hingga kreator professional. Memberikan yang terbaik bagi seluruh pihak yang terlibat dalam acara ini tanpa harus meninggalkan siapapun adalah hal yang diperjuangkan dalam event ini.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami di:

Website: www.comifuro.net

Facebook: facebook.com/comifuro

Twitter: twitter.com/comifuro

Email: comifuro.staff@gmail.com

Iklan

1 Komentar »

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.