Tim Indonesian Otaku sudah menghadiri acara Creators Super Fest 2018 yang diadakan pada 12-13 Mei 2018 lalu. Kira-kira apa sih Creators Super Fest 2018 itu? Mau tahu apa saja yang ada di sana? Yuk simak laporan liputan dari kami.

D1 09.jpg

Acara Creators Super Fest 2018 yang berlokasi di Grand Ballroom Pullman Central Park, Jakarta Barat, ini merupakan salah satu event yang diselenggarakan oleh Sozo sebagai wadah berkumpul yang cukup mewah untuk para kreator (doujin/fanart, cosplay, dan dari ranah musik seperti DJ) dan penggemar. Tak lupa acara ini juga turut menghadirkan bintang tamu dari dalam negeri dan luar negeri.

Creators Super Fest sebelumnya juga sudah pernah diadakan pada tahun 2017 lalu, namun pada tahun ini acara masih tetap ramai dengan datangnya pengunjung ke acara tersebut yang juga merupakan penggemar antusias Jejepangan. Dibuka pada pukul 10.00 WIB setiap harinya (Sabtu dan Minggu), jika sudah memasuki area Creators Super Fest 2018 maka kamu akan menemukan surga khilaf (baca: tempat perbelanjaan) para circle yang menjajakan berbagai pernik anime yang masih tren saat ini maupun yang lawas dan kamu bisa belanja berbagai macam produk fanart bikinan kreator di sana. Menariknya, di acara kali ini juga mengudang langsung beberapa circle asal Taiwan.

D1 15.jpg

Di sela-sela tempat berbelanja, kamu juga akan menemukan beberapa booth dari perusahaan-perusahaan yang turut meramaikan, seperti Addonit, re:ON, Wacom, dan yang paling mengundang penasaran adalah booth Ponimu yang baru-baru ini diluncurkan sebagai layanan streaming anime secara legal di Indonesia.

Dalam penampilan panggung pada acara ini sendiri, hadir beberapa bintang tamu dalam negeri dan luar negeri, seperti Clarissa Punipun, Alchemaniac, Adelia Maghfirare, Dini Marlina, Erfan Fajar, Redshift, Heiakim, Kishida Mel, D-YAMA, SiuTao, dan Hakken Ryou. Dan tak lupa, ada satu lagi bintang tamu yang bikin gempar dunia per-Youtube-an, yaitu Kaguya Luna, sang virtual Youtuber kondang dari Jepang.

D1 31.jpg

Kalau kamu belum sempat datang ke sana dan melewatkan apa saja yang sudah terjadi di sana, maka kami akan mengulasnya kembali dengan singkat dalam daftar berikut ini:

  • Beberapa di antara mereka ada membagikan kesan mereka selama berkiprah di bidang dunia kreatif masing-masing pada hadirin. Seperti Kishida Mel yang bercerita soal bagaimana kisahnya bekerja sebagai ilustrator, Heiakim dengan viralnya video lagu hanya dengan Google Translate, dan D-Yama yang memberikan tips dan trik seputar DJ. Tentunya reaksi yang muncul di antara para bintang tamu dan hadirin juga beragam.
  • Di salah satu spot venue, ada pameran yang memajangkan karya-karya Kishida Mel. Juga di spot yang lain terdapat turnamen Trading Card Game Battle Spirits.
  • Ada kontes menggambar SiuTao di booth Wacom dan tebak-tebakan berhadiah di boothnya Addonit.
  • Terdapat sesi meet-and-greet karya-karya para kreator jika membeli official merchandise Creator Super Fest 2018.
  • Dan yang paling ditunggu-tunggu hadirin yaitu penampilan Kaguya Luna di atas panggung yang bisa terbilang singkat.

Acara ini juga menggelar Cosplay Competition (kompetisi cosplay terbaik) dan Art Duel, di mana para ilustrator akan melakukan ajang adu baku hantam kemampuan menggambar secara langsung di panggung. Dan selama dua hari event CSF berlangsung, didapatlah pemenang untuk Cosplay Competition yang jatuh kepada cosplayer pemeran Pennywise dari film IT, sedangkan untuk Art Duel dimenangkan oleh Nyoenyo.

Pada malam harinya, pengunjung disuguhi dengan penampilan musik dari keempat DJ lokal dan internasional, yaitu DJ Soba, Redshift, D-Yama, dan Lazurite.

D1 03.jpg

Akhir kata, impresi kami untuk Creators Super Fest 2018 kali ini adalah acara ini sesuai untuk kamu penggemar Jejepangan yang menyukai kreasi pernik para kreator dan kreator yang difasilitasi dengan tempat berjulalan dan belajar dari para kreator lokal dan internasional melalui sesi acara panggung dan lokakarya yang disediakan.

D1 26.jpg

Iklan

Ditulis oleh naufv

Originally from Medan, I'm 20 and now running some projects related to some of my hobbies (gaming, otaku, doujinshi, startup). My vision is to make Indonesia creative industry great again.

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s