Ada yang suka memakan atau membuat bento? Bento yang dikenal dengan sebutan Indonesianya ‘bekal’ memang sangat populer di semua kalangan di berbagai dunia, termasuk di Jepang sendiri.

Yang menjadi keunikan di sana adalah ada bento yang namanya kyaraben alias character bentos. Bento-bento ini dibuat berdasarkan desain karakter dari berbagai anime. Cara membuat dan mengemasnya pun sungguh menakjubkan.

Kamu bisa melihat beberapa gambar kyaraben menarik yang kami sajikan dalam artikel ini.

Kyaraben Pikachu dari Pokémon di atas bisa terbilang unik karena selain tempat dan penutup bento-nya berwujud seperti Pikachu, juga isinya menyerupai Pikachu. Menarik!

Khusus untuk anak-anak, tampaknya Anpanman yang dibalut dengan kacang merah juga menjadi tren kyaraben di sana. Tak ketinggalan rivalnya Dokin-chan juga sama populernya dengan Anpanman.

Tak terbatas hanya pada karakter yang moe saja, namun ada juga yang membuat kyaraben versi sangar seperti titan di gambar atas ini. Namun sayangnya kyaraben yang dibuat oleh seorang istri ini hancur tatakan desainnya gara-gara kotak bento milik suaminya ini terguncang saat perjalanan di kereta api, membuat sang istri berpikir dua kali untuk membuat kembali kyaraben yang sama.

Di antara sekian banyak pembuat bento, ada yang malah bisa membuat hampir menyamai karakternya. Salah satunya karakter yang dibuat oleh seorang ibu untuk anaknya yang ternyata penggemar berat Momo. Bento tersebut dibuat untuk menemani perjalanannya selama di Kastil Osaka.

Desain kyaraben nggak selamanya harus menyadur karakter yang dikenal. Seperti kyaraben bikinan seorang ibu dengan desain karakter yang cukup aneh. Kelihatannya bagus dan berpenampilan oke, sehingga cuitan gambar kyaraben ini menyabet perhatian warganet. Walau sebenarnya memang aneh sih.

Tak ketinggalan binatang lucu juga mewarnai kreasi kyaraben. Seperti salah satunya inarizushi, makanan sushi populer yang dibuat dari nasi bercuka dilapisi dengan kulit tahu yang sudah digoreng. Seorang suami terkejut karena inarizushi bikinan istrinya ternyata salah satunya dibuat menyerupai seekor panda!

Terkadang buat bento itu bisa bikin jenuh. Seperti gambar dari cuitan di atas. Niatnya ingin membuat kyaraben berdasarkan anjing pudel, tetapi desainnya nggak perlu ribet-ribet amat. Cukup taruh dua biji kacang kecil untuk matanya dan satu biji kacang besar untuk mulutnya. Jadi deh.

Buat yang keseringan bikin bento jadi jenuh sih itu biasa ya. Bagaimana untuk yang bikin ternyata nggak bisa bikin sekreatif mereka yang udah sering? Jadinya seperti gambar di cuitan di atas. Seorang pegawai kantor pria berusaha membuat kyaraben ala kadarnya, dengan bahan makanan yang seadanya dan improvisasi dengan menggambar muka pada nasi.

Selain orang dewasa, ternyata anak-anak juga bisa bikin bento! Asal usul gambar cuitan kyaraben di atas itu seorang kakak yang rajin membuat bento bersama adik perempuannya untuk adik laki-laki mereka yang akan mengikuti festival olahraga. Dan ternyata sang adik perempuan justru malah membuat bento dengan penampakan seperti di atas. Kira-kira mirip seperti hewan apa ya bentonya?

Dan yang paling terakhir ini ada dua desain bento yang dibuat oleh dua orang yang berbeda. Yang satu memang si ibu ini demen banget sama kumbang. Yang satu lagi sang ibu rada takutan saat membuatnya, jadi hasilnya tidak sebagus yang pertama.

Membuat bento memang tidak mudah. Perlu keahlian dasar dan lanjutan saat memasak, begitu juga kemampuan merangkai tatanan makanan agar bisa menjadi bento yang ciamik. Namun bukan menjadi masalah, apalagi sekarang sudah ada alat-alat yang membantu menunjang itu semua, seperti rumput laut yang bisa dipotong pakai laser. Betul tidak?

Yuk bagikan reaksi dan komentarmu seputar bento dan kyaraben di bawah ini!

Sumber: SoraNews24

Iklan

Ditulis oleh naufv

Originally from Medan, I'm 20 and now running some projects related to some of my hobbies (gaming, otaku, doujinshi, startup). My vision is to make Indonesia creative industry great again.

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s