Mengawali karier dalam dunia perkomikan dengan membuat karya komik untuk pertama kalinya rasa-rasanya gampang-gampang-susah. Sedikit lebih mudah kalau sudah punya kemampuan yang dimiliki seperti kemampuan menulis cerita atau gambar. Akan tetapi bagaimana jika hanya punya salah satu kemampuan saja? Atau tidak memiliki kemampuan yang dibutuhkan sama sekali? Momentum inilah yang diambil oleh Ciayo Comics untuk mengasah kemampuan generasi muda komikus dalam acara roadshow Ciayo ComiConnect 2018.

Ciayo ComiConnect 2018 merupakan acara persembahan dari Ciayo Comics dengan konsep tur/roadshow untuk para komikus muda atau sedang menggarap komik atau baru memulai menggarap komik untuk lebih memotivasi dan menginspirasi diri, mengasah kemampuan membuat komik dengan mengetahui dasar-dasar ilmu bagaimana cara membuat komik, menguji diri sekaligus memperbaiki kualitas komik yang sedang dikembangkan dengan menunjukkan portofolio kepada editor, dan juga mencari dan menambah jejaring pertemanan sesama komikus muda.

3
Portfolio review adalah hal yang selalu dibawa di CIAYO Comics tour di setiap kota

Acara ini diadakan pada tahun ini secara berturut-turut di 11 kota yaitu Bandung, Yogyakarta, Batam, Surabaya, Makassar, Semarang, Tegal, Bali, Medan, Aceh, dan Jakarta. Untuk awalan, acara tur/roadshow dari Ciayo ini diadakan di Bandung. Tim reportase Indonesian Otaku juga berkesempatan meliput acara Ciayo Comic Connect 2018 chapter Bandung ini yang diadakan di Lo.Ka.Si Coffee & Space pada Sabtu, 10 Maret 2018.

Acara ini berlangsung dari pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB dan memiliki rundown seminar dengan dua sesi. Sesi pertama acara diisi oleh scriptwriter komikus digital Heartbeat Tessa YP dan editor Dimar Pamekas, yang menjelaskan pengembangan karakter yang menarik dan juga cerita dalam komik. Kemudian pada sesi berikutnya ada komikus Sweta Kartika yang menjelaskan tentang cara menggambar anatomi dan gesture pada komik.

Selain membagikan ilmu seputar cerita dan ilustrasi, yang mana keduanya menjadi hal paling dasar dalam menciptakan komik bernilai jual tinggi, perlindungan IP bagi para kreator di seluruh Indonesia juga penting. Hal itu disampaikan secara tegas oleh CEO CIAYO Corp, Borton Liew, pada saat menyampaikan sambutannya dalam acara ini. “Intelectual Property (IP) itu sangat perlu dikembangkan dan di monitor. Karena dari sebuah IP itu kita bisa membuat banyak produk turunan yang menjual. Bahkan komik sendiri itu salah satu turunan IP” ungkapnya.

8
CEO CIAYO Comics Borton Liew menjelaskan pentingnya manajemen Intelectual Property terhadap industri komik Indonesia.

Tujuan utama diadakan CIAYO ComiConnect ini juga untuk mengenalkan program CIAYO Comics terbarunya yaitu CIAYO Class. Program ini dikhususkan untuk kreator-kreator yang komiknya memiliki potensi, tetapi masih perlu diasah lagi agar bisa menciptakan komik yang memiliki daya jual tinggi. Nantinya komik-komik dalam program ini akan mendapat masukan dari tim editorial di CIAYO Comics selama tiga bulan sampai layak menjadi komik official di CIAYO Comics. Selain itu CIAYO Comics juga mengumumkan CIAYO Comics Challenge Vol. 3 dengan hadiah total 450 juta rupiah.

10
Beny Maulana (kiri) menjelaskan tentang program CIAYO Class dan CIAYO Comics Challenge Vol. 3

Bagaimana, seru bukan? Jangan sampai kamu melewatkan acara roadshow Ciayo ComiConnect 2018 di kota-kotamu ya! Siapa tahu kotamu akan menjadi kota tujuan roadshow Ciayo selanjutnya.

5
Peserta ComiConnect Tour 2018 di Bandung. ComiConnect akan mengunjungi 11 kota besar di sepanjang tahun 2018.

 

Iklan

Komentarmu?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.